Kabupaten Sigi Dalam Laporan Hasil Keungan LHP- LKPD, Thn. 2020 Meraih Status Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

0
47

SIGI – CorongSigi.Com, Bupati, Mohamad Irwan, dan Wakil Bupati Sigi, Samuel Yansen Pongi, Wakil Ketua I DPRD Kab. Sigi, Rahmat Saleh, Sekretaris Daerah Kab. Sigi, Muh. Basir, dan Kepala BKAD Kab. Sigi, Hajar Modjo, menghadiri Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Kab. Sigi Tahun 2020 di Kantor BPK Perwakilan Prov. Sulawesi Tengah.Kamis,(20/05/2021).

Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Kab. Sigi Tahun 2020 ini ditandai dengan penandatangan berita acara serah terima dan penyerahan LHP-LKPD Kab. Sigi tahun 2020 dari Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah kepada Bupati Sigi dan Wakil Ketua I DPRD Kab. Sigi. Kepala BPK Perwakilan Prov. Sulawesi Tengah, Slamet Riyadi, pada sambutannya mengucapkan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kab. Sigi dan Kab. Poso atas kerjasamanya dalam penyelenggaran keuangan Pemerintah Daerah berupa penyampaian laporan keuangan Pemerintah Daerah.


Dan Berdasarkan hasil pemeriksaan yang telah dilaksanakan oleh BPK Perwakilan Prov. Sulawesi Tengah terhadap Pemerintah Kab. Sigi dan Kab. Poso, opini yang diberikan oleh BPK atas laporan keuangan Pemerintah Kab. Sigi dan Kab. Poso tahun 2020 adalah Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Namun demikian, beliau menyampaikan bahwa (WTP) bukanlah jaminan tidak adanya tindakan penyimpangan dalam pengelolaan keuangan, melainkan
opini BPK merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi keuangan.

Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan yang didasarkan pada empat kriteria yakni kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern. 

Beliau berharap Pemerintah Kab. Sigi dan Kab. Poso selanjutnya dapat mempertahankan atas penyajian laporan keuangan yang sudah sangat baik dan terus memperbaiki beberapa catatan BPK  dan meningkatkan laporan keuangan Pemerintah Daerahnya.


Kegiatan ini dihadiri Kepala BPK perwakilan Prov. Sulawesi Tengah, Bupati Poso dan Ketua DPRD Kab. Poso. (Wal/Hms).

LEAVE A REPLY