KPK Gelar Sosialisasi dan Pengarahan Teknis Pelaksanaan e-SPI, Survei Penilaian Integritas Bersama Pemda Sigi

0
91

SIGI, corongsigi.com,- Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Muh. Basir,S.E., M.P, didampingi PPUPD Ahli Muda (Noviyanti Josvidar), Kasubbag Perencanaan Evaluasi dan Pelaporan (Maznah), dan Auditor Muda (Hamsinah) Inspektorat Kabupaten Sigi, mengikuti Video Conference Sosialisasi dan Pengarahan Teknis Pelaksanaan e-SPI ( Survei Penilaian Integritas) Bersama KPK RI. Kamis (6/5/2021).

Vidcon ini diikuti juga oleh Irsus Kemendagri (Teguh Narutomo), Deputi Pencegahan dan Monitoring, Korsub Wilayah IV, dan 104 Pemerintah Daerah.

SPI (Survei Penilaian Integritas) adalah suatu survei yang dilakukan terhadap institusi untuk memetakan dan memonitor resiko korupsi. Jadi, SPI merupakan survei yang dilakukan untuk menilai ataupun memberikan nilai terhadap organisasi bukan unit.

Tujuannya untuk memetakan resiko korupsi. Setiap upaya pencegahan korupsi yang dilakukan patut juga diukur.

Survei Penilaian Integritas dilakukan sebagai upaya yang dilakukan untuk memperbaiki kelola pencegahan korupsi disetiap Pemda, dilakukan di 8 area dan dilukur dalam persentase. Oleh karena itu, KPK berkewajiban melakukan ukuran E-SPI ini.

KPK berharap kerja sama dan dukungan dari semua Pemda untuk menyediakan data sehingga apa yang ditetapkan sebagai target ukuran pencegahan korupsi dapat disajikan.

Lewat survei ini, KPK juga akan langsung mensurvei masyarakat supaya sistem yang sudah berjalan terkonfirmasi oleh pendapat masyarakat yang pernah mengalami pelayanan publik.

SPI ini akan didorong menjadi program tunggal nasional bisa dibandingkan, konsisten dilakukan dan diambil secara elektronik. KPK bersama Kemendagri ingin sekali Pemerintah Daerah bisa memperkuat tata kelola pencegahannya terutama di area-area yang bolak balik jadi kasus korupsi.

LEAVE A REPLY