Bupati Sigi Mohamad Irwan S.Sos M.Si Serahkan SPPT PBB-P2 Tahun 2021.

0
112

SIGI,- CorongSigi.Com, Bupati Sigi Mohamad Irwan lakukan Penyerahan SPPT PBB-P2 kabupaten Sigi Tahun 2021 Di Aula Kantor Bupati Sigi Senin, (15/2/2021)

Bupati Sigi Mohamad Irwan dalam sambutanya mengatakan atas nama pemerintah daerah kabupaten sigi mengucapkan terima kasih kepada seluruh aparat pemerintah desa yang dengan penuh kesadaran telah melaksanakan kewajibannya, memotivasi dan memberikan pelayanan pada masyarakat dalam membayar pajak bumi dan bangunan (PBB).

Menurutnya kesadaran dan ketaatan seluruh warga masyarakat sigi dalam membayar pajak, merupakan bentuk kepedulian masyarakat yang sangat besar terhadap pelaksanaan pembangunan di kabupaten sigi.

Namun demikian kesadaran masyarakat terhadap penunaian kewajiban membayar PBB perlu ditingkatkan. oleh karena itu, untuk mendukung kesuksesan pembayaran PBB oleh masyarakat, perlu diimbangi dengan peningkatan profesionalisme
aparatuur pajak termasuk kecepatan penyampaian SPPT PBB kepada para wajib pajak.

Dengan Penyampaian SPPT PBB lebih awal, diharapkan lebih mendorong para wajib pajak untuk sesegera mungkin membayar pajak.

” saya menghimbau kepada seluruh camat dan kepala desa untuk ikut serta mengawasi dan memantau para petugas pajak dalam menyampaikan SPPT,”imbuhnya.

Lebih lanjut dijelaskan Bupati, Potensi PAD Kabupaten Sigi dari waktu ke waktu mengalami peningkatan. pada tahun 2020 PAD Kab Sigi sebesar RP. 11.302.000.000 (Sebelas Milyar Tiga Ratus Dua Juta Rupiah) direalisasikan meningkat menjadi RP. 12.903.000.000 (dua belas Miliar sembilan ratus tiga juta rupiah) atau sebesar 114,17 Persen di tahun. 2021.

sedangkan pada tahun 2021 target pajak bumi dan bangunan untuk wilayah perkotaan dan pedesaan sebesar RP 2.917.303.998 (Dua Milyar Sembilan Ratus Tujuh Belas Juta Tiga Ratus Tiga Ribu Sembilan Ratus Sembilan Juluh Delapan Rupiah) dengan jumlah 108.921 (Seratus Delapan Ribu Sembilan
Ratus Dua Puluh Satu) lembar jumlah SPPT yang akan diserahkan pada hari ini.

adapun inovasi-inovasi yang akan dilakukan antara lain:

1. PBB online meliputi sistem pembayaran PBB-P2 tunai dan sistem pembayaran PBB-P2 non tunai.

2. penetapan nilai penyesuaian PBB-P2 dari 5.000 menjadi 10.00.

3. kesepakatan mou badan pendapatan daerah dengan dinas pemberdayaan masyarakat desa untuk optimalisasi PBB-P2.

4. piagam penghargaan para camat dankepala desa atas pencapaian PBB-P2. untuk meningkatkan realisasi PBB tahun 2021 ini,

” saya berharap kepada camat se kabupaten sigi untuk menghimbau kepada seluruh kepala desa untuk memperhatikan kewajiban warga masyarakat agar taat dalam membayar pajak. dengan membayar pajak kita ikut serta dalam pembangunan daerah yang kita cintai bersama ini,”harapnya.

” saya juga berharap agar setiap aparat pemerintah desa dapat mengetahui sampai sejauh mana penerimaan dan pelaksanaan pembayaran PBB oleh masyarakat di desa masing-masing. saya mengharapkan agar setelah menerima sppt PBB ini, para kepala desa segera mendistribusikan kepada wajib pajak sesegera mungkin. pemerintah desa juga harus menerapkan prinsip prinsip akuntanbilitas dan transparansi khususnya dalam penyampaian PBB kepada wajib pajak. dengan demikian masyarakat akan mengetahui hak dan kewajibannya secara proporsional. dengan keterbukaan maka masyarakat akan merasa dilibatkan dalam proses pembangunan,”tutupnya.(Wal).

LEAVE A REPLY