Vaksinasi Covid-19 Tahap I Yang Diawali Oleh Bupati Sigi, Berjalan Lancar.

0
296

SIGI, – CorongSigi.Com, Vaksinasi Covid-19 tahap I di Kabupaten Sigi telah dilaksanakan, Secara simbolis pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Sigi dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Sigi, Rabu (03/02/2021). Pukul 09.00 Wita.

Yang diikuti oleh 10 orang perwakilan pejabat daerah, tokoh masyarakat dan akademisi diantaranya : Bupati Sigi, Mohamad Irwan, Rektor Universitas Tadulako (Untad) Palu, Prof. Dr. Ir. H. Mahfudz, MS, Kapolres Sigi, AKBP. Yoga Priyahutama, SH.,S.I.K.,MH, Ketua Pengadilan Negeri Donggala, Kakan Kemenag Kab.Sigi, As’ad Latopada, Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi, Muh. Basir, Plt. Kadis Kesehatan Sigi, Roland Franklin, Kadis PMD Sigi, Anwar dan perwakilan pihak kesehatan Dinkes Sigi.


Vaksinasi Covid-19 pada hari ini, juga dilaksanakan di RSUD Torabelo Sigi dan beberapa Puskesmas di Kabupaten Sigi, diantaranya Puskesmas Biromaru, Puskesmas Tinggede, Puskesmas Marawola, dan Puskesmas Dombusoi Marawola Barat untuk tenaga kesehatan.

Sasaran vaksinasi tahap I ini difokuskan pada tenaga kesehatan dan berlangsung dengan protokol kesehatan dan alur vaksinasi yang sesuai. Alur pemberian vaksinasi terdiri dari empat meja yaitu:


1.Meja pertama adalah tempat pendaftaran dan verifikasi calon penerima vaksin,

2. Meja kedua adalah tempat skrining untuk mengetahui riwayat kesehatan calon penerima vaksin, selanjutnya untuk

3. Meja ketiga adalah tempat vaksinasi bagi yang telah lolos skrining.

4. Meja keempat adalah tempat pencatatan dan observasi selama 30 menit untuk memonitor kemungkinan KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi).

Vaksinasi Covid-19 diberikan dua kali dengan jarak waktu pemberian 14 hari dari sejak suntikan vaksin pertama diberikan.

Bupati Sigi, Mohamad Irwan usai divaksin mengaku, setelah ini di 2 (dua) minggu berikutnya, kami akan melakukan vaksinasi kembali, baru setelah itu kepada masyarakat yang akan menerima, “Dimana para tenaga kesehatan terlebih dahulu, TNI/Polri, guru dan masyarakat penerima vaksin secara umum. Intinya sesuai protap dan kalau kebijakan nasional sampai ketingkat bawah, Sigi pasti siap,” ujarnya


Sementara Kapolres AKBP. Yoga Priyahutama, SH.,S.I.K.,MH menambahkan sesuai instruksi pemerintah, jajaran personel polres Sigi selalu siap untuk di vaksin bahkan sanak keluarga Istri hingga anak-anak mereka, “Sesuai jadwal yang sudah ditentukan mulai dari pengawalan, pengamanan digudang sampai pengamanan ke titik lokasi vaksinasi, personel Polres Sigi saya sudah perintahkan dalam bentuk pengamanan,” terang Kapolres AKBP. Yoga

Oleh karena itu, Kata AKBP. Yoga, masyarakat tidak perlu takut untuk divaksin. Dikatakan, bahwa program vaksin adalah program pemerintah pusat sampai daerah. “Pelaksanaan vaksinasi ini akan menjangkau masyarakat umum sampai angka 80 persen dari jumlah penduduk di Indonesia. Bahkan setelah di Vaksin saya merasa segar tanpa ada efek samping.” tutup Kapolres (Wal).

LEAVE A REPLY