Pemerintah Kabupaten Sigi Dan BPTP Menyusun Road Map Komoditas Pertanian.

0
83

SIGI, – CorongSigi.Com, Pemerintah Kabupaten Sigi, melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Sigi bekerjasama Balai Pengkajian Teknologi Pertanian BPTP Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Balitbangtan Provinsi Sulteng, melaksanakan seminar hasil penelitian penyusunan road map komoditas pertanian berdaya saing berbasis organik Kabupaten Sigi, di Aula Kantor Bupati Sigi sementara di Desa Kotapulu, Rabu (23/12/2020).

Bupati Sigi Moh Irwan Lapatta pada kesemapatan itu mengatakan, untuk menyusun road map komoditas pertanian berdaya saing berbasis organik, tim yang tergabung dalam penyusunan road map dapat memetakan kawasan tanaman hortikultura, organik dan padi Dijelaskan, dalam penyusunan road map ini setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat menyiapkan datanya masing-masing. Sehingga kawasan yang akan ditetapkan terintegrasi.


“Setelah penyusunan road map, ada tindak lanjut dengan rekomendasi penetapan,” jelasnya.

Lanjut, terkait pembuatan pupuk organik, tim harus bisa menentukan kawasannya, apakah di satu tempat atau di beberapa tempat. Alangkah baiknya, untuk pembuatan pupuk organik di Bulupountu.

Peneliti Utama BPTP Balitbangtan Provinsi Sulteng, Dr.Syafrudin mengatakan pentingnya Road Map yaitu terkait sumberdaya lahan, bahan acuan, efesiensi dan mempermudah.


Road Map bertujuan untuk menyusun dokumen perencanaan, arahan pengembangan daya saing dan pembangunan pertanian unggulan di Kabupaten Sigi, pada masing-masing kawasan Zona Agroekologi. (Wal).          

LEAVE A REPLY