Pjs Bupati Sigi Pimpin Rakor Kewaspadaan Dini Berasama Forkopimda.

0
28

SIGI- CorongSigi.Com, Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi melalui Badan Kesbangpol melaksanakan Rapat Koordinasi Forum Kewaspadaan Dini bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Sigi serta KPU dan Bawaslu selaku unsur penyelenggara Pilkada.
Rapat koordinasi ini dipimpin langsung oleh Pjs.Bupati Sigi, bertempat di aula Kantor Bupati Sigi.Rabu, (11/11/2020).

Dalam rapat Koordinasi tersebut, juga dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri Donggala, Ketua Pengadilan Negeri Donggala, Kapolres Sigi, Perwira Penghubung Kodim 1306/Donggala wilayah Sigi, Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sigi, Ketua Bawaslu Kabupaten Sigi, Plh.Ketua KPU Kabupaten Sigi.

Pada rapat tersebut membahas terkait tentang isu yang saat ini menjadi perhatian masyrakat di wilayah kabupaten Sigi. di antaranya yaitu terkait penyelenggaraan pilkada, penanganan COVID-19, peredaran narkoba dan minuman keras, konflik antar desa, bencana alam, penyebaran informasi hoax, serta penanggulangan bencana 2018.

Terkait masalah penanganan COVID-19, Pjs.Bupati Sigi pada kesempatan itu menyampaikan bahwa berdasarkan laporan hasil operasi yustisi masyarakat sudah semakin patuh dan memiliki kesadaran dalam penerapan protokol kesehatan. Penerapan protokol kesehatan dalam masa kampanye juga dinilai oleh Bawaslu telah dilaksanakan dengan baik oleh setiap tim pasangan calon.

Sementara itu, terkait dengan partisipasi masyarakat dalam masa sebelum pemilihan/di masa kampanye, Pjs.Bupati Sigi menyampaikan bahwa masyarakat Sigi sudah cerdas dan santun dalam berpolitik, meskipun masih terdapat beberapa isu/masalah, diantaranya terkait kampanye melalui media sosial dengan menggunakan ‘fake account’ atau akun palsu yang berpotensi meresahkan masyarakat.

Dalam hal ini Ketua Bawaslu menyapaikan bahwa ini akan menjadi fokus pengawasan Bawaslu Sementara itu, terkait dengan persiapan teknis pelaksanaan pilkada, baik logistik dan daftar pemilih, yang akan disiapkan oleh KPU, saat ini sedang dilakukan pencetakan surat suara dan diharapkan logistik akan tiba di Sigi, sebelum jadwal simulasi yang direncanakan dilaksanakan di Sigi dan Palu pada 21 November 2020. Sementara itu, terkait dengan kelengkapan dokumen kependudukan (KTP) masyarakat pemilih, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terus melakukan upaya percepatan perekaman dan pencetakan untuk memastikan masyarakat dapat menyalurkan hak pilihnya pada Pilkada serentak 9 Desember mendatang.

Sementara itu, terkait dengan kondisi sosial masyarakat saat ini, Kajari Donggala menyampaikan bahwa kasus narkoba dan miras di Kabupaten Sigi masih cukup tinggi. hal senada juga disampaikan Oleh Kapolres Sigi bahwa konflik sosial yang terjadi di wilayah Sigi juga masih cukup tinggi.

Untuk itu Forkopimda diharapkan menjadi perhatian bersama semua unsur, untuk saling berkomunikasi dan bersinergi dalam penyelesaian isu-isu tersebut. (Wal/Hms).

LEAVE A REPLY