Presiden RI. Joko Widodo Serahkan Sertifikat Tanah Untuk Rakyat Se – Indonesia.

0
101

PALU – Pjs. Bupati Sigi, Sisliandy, mengikuti acara penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat se-Indonesia oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, melalui media daring yang dilaksanakan di Hotel Sutan Raja, Palu, pada Senin (9/11/2020).

Hadir juga pada kesempatan itu Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Bupati Donggala, Plt.Wali Kota Palu, Pjs.Bupati Poso, Wakil Bupati Parigi Moutong, Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sulawesi Tengah, para Kepala Kantor BPN kabupaten/kota (Sigi, Palu, Donggala, Parigi), serta masyarakat penerima sertifikat.


Pada kesempatan itu, Presiden Joko Widodo menyerahkan satu juta sertifikat hak atas tanah bagi masyarakat penerima hak di 31 provinsi. Penyerahan ini sebagai rangkaian dari peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional tahun 2020. Menteri ATR/BPN, Sofyan Djalil dalam laporannya menyebutkan bahwa dari target penyerahan 7 juta sertifikat tanah di tahun 2020, Kementerian ATR/BPN telah merealisasikan 6,5 juta bidang tanah.

Presiden Joko Widodo, dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa banyak keluhan dari masyarakat mengenai bidang tanah yang belum bersertifikat dan juga rumitnya prosedur pengurusan yang harus dilakukan.

Oleh karena itu, melalui percepatan penerbitan sertifikat hak atas tanah yang merupakan bagian dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ini diharapkan masyarakat memiliki bukti kepemilikan secara sah atas bidang tanah miliknya dan ditargetkan di tahun 2025 semua bidang tanah telah bersertifikat.


Presiden juga berharap masyarakat yang telah menerima sertifikat hak atas tanahnya agar dijaga dengan baik.
Setelah mengikuti acara penyerahan di istana negara secara virtual, acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat tanah oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tengah dan para Kepala Daerah yang hadir, kepada masyarakat penerima hak didampingi oleh para Kepala BPN. (Wal/Hms).

LEAVE A REPLY