Dekab Sigi Harap Irigasi di Palolo Dibangun 2021

0
22

SIGI, – DPRD Kabupaten (Dekab) Sigi mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi melalui instansi terkait, untuk membangun irigasi di empat desa di Kecamatan Palolo, yakni Desa Ranteleda, Sarumana, Berdikari dan Desa Tanah Harapan.

Pembangunan irigasi di empat desa tersebut diharapkan bisa dibangun tahun 2021. Demikian dikatakan Ketua Dekab Sigi, Moh Rizal Intjenae pada wartawan, belum lama ini.

Dijelaskannya, pembangunan irigasi di empat desa tersebut sangat penting, mengingat keempat desa tersebut berada di Kecamatan Palolo yang merupakan kawasan pertanian.

Olehnya itu, irigasi di kawasan pertanian adalah urat nadi pembangunan di sektor pertanian.

“Pembangunan irigasi dalam rangka percepatan peningkatan ekonomi masyarakat melalui bidang pertanian, khususnya pertanian persawahan. Maka pemerintah harus menyiapkan sarana prasarananya, untuk penunjang utama peningkatan ekonomi masyarakat melalui pertanian sawah,” jelasnya.

Lanjut Rizal, selain irigasi, di empat desa itu harus ada intervensi pemerintah pada sektor pertanian terkait teknologi pertanian, serta didukung dengan varietas bibit padi unggul.

“Dalam rangka peningkatan produksi padi dan ekonomi masyarakat, maka dinas teknis harus komitmen dan konsisten melaksanakan intervensi pertanian. Pembangunan irigasi hanya satu yang mencakup empat desa, dimana irigasi tersebut hulunya ada di Desa Berdikari,” terangnya.    

Irigasi itu, lanjutnya, harus dapat mengairi persawahan sekira 600 hingga 700 hektar sawah yang ada di empat desa tersebut. (Wal).

LEAVE A REPLY